Senin, 23 Juli 2012

akhir perjalanan




Sore itu aku siaran di radio GOS FM Situbondo, lumayan lama sih udah 7 bulan disini… kata – kata pun terus keluar seperti penyiar profesional, dari mulutku terus keluar kata-kata untuk menemani pendengarku yang mngkin mereka lagi santai, masak, bersih-bersih rumah atau apalah yang mereka kerjakan sore itu. Dan sampai di ujung acara kau putarkan lagu terbaik yang saat itu menduduki perigkat 1 di Indonesia. Setelah siaran ada sms di hpku. Smsnya seperti ini “ Mas Ilham Bisa datang ke rumahku gak Penting banget “ katanya gitu, o ya ILham nama siaranku dulu ( VIS FM Banyuwangi, Gos FM Situbondo ). Akhirnya aku pun datang setelah aku bertanya ni siapa, alamatnya dimana ,dan sedikit pertanyaan ada apa ya?

Akupun tiba dirumahnya, namanya Puji, dia sering sekali mendengarkanku siaran bahkan tak jarang juga sms ataupun telp online ke radio ku. Dia berkata “ Mas mau gak siaran di Malang? ” aku balik Tanya ” emang kamu kenal orang radio malang?”. Ternyata bos dari puji ini punya 2 radio di malang ELFARA FM & Tidar Sakti FM. Akhirnya aku di undang ke malang untuk bertemu dengan bos, dalam perjalananku hanya membayangkan malang kota yang indah, dingin, & banyak apel itu saja yang ada dalam fikiran. Akhirnya akupun bertemu dengan Bos, dan kesepakatan pun terjadi aku mau Siaran di elfara. Sebenarnya ini radio baru masih beberapa bulan yang lalu mengudara, ada banyak teman baru disana, semua baik2, asyik dan penuh kekeluargaan. Pokoknya betah banget dah disana. Akupun akhirnya pilih2 nama udara, ilham kata temenku terlalu islami, krisna ah kejawen katanya . akhirnya aku pakek nama AB PRASETYA, AB sendiri adalah singkatan dari Arek Banyuwangi hehehehe……Selang beberapa bulan ada sedikit masalah yang membuat radio ini goyang, hampir semua temen-temenku keluar yang tersisa hanya beberapa orang.

Dalam kurun waktu 1 bulan, aku sendiri siaran bahkan namanya bukan lagi elfara fm tapi jadi AB FM hehehehehe…. Setiap orang yang telp bertanya gak capek mas siaran terus? Mau gimana lagi sudah pekerjaan dan tanggung jawab apapun harus dilakukan. Akhirnya akupun membuka lowongan buat cari penyiar baru, lumayan banyak sekali yang minat, sambil aku pilih2 penyiar yang pas, akupun mulai merombak acara, dari acara yang biasa aku rubah biar ada perbedaan. Dalam waktu 2 bulan hampir semua penyiar baru sudah bisa ON AIR. Lega yang pasti, dengan program dan penyiar baru radio ini mulai beranjak naik, semakin banyak yang kenal, semakin banyak yang dengar semakin banyak pula iklan yang masuk. Dari sekian rupiah hingga banyak rupiahpun dapat d kumpulkan dalam watu satu bulan.

Lega itu pasti, bangga apa lagi hampir 3 tahun aku menangani radio ini ternyata hasilnya juga luar biasa. Hingga pada suatu hari aku merasa sudah bukan waktunya aku disini, aku dah puas dengan apa yang aku kerjakan biarpun gaji yang masih kurang hehehehe.. aku mengajukan surat pengunduran diri, tp ditolak mentah2 oleh bos, dia berkata “ kalo kamu sudah tidak mau di Elfara kamu pindah saja ke Tidar sakti ”. akhirnya akupun meng iyakan aku pindah dengan harapan aku hanya ingin menjadi penyiar biasa yang tidak memilikirkan program dll.. eh ternyata aku disana dijadikan seorang Program Director lagi persis dengan yang aku kerjain di elfara.

Mulai mikir lagi nih, bagaimana buat program baru, bagaimana survey pendengar, bagaimana bikin jingle, smash dan semua deh yang penting acara ini jadi menarik dan banyak pendengar. Memang beda antara Tidar sakti sama Elfara beda segmen saja. Tapi pusingnya sama, bahkan gak jarang aku gak pulang kerumah demi selesaikan program acara baru, internet selalu online untuk mencari referensi kira2 apa acara yang menarik. Berjalan sekian bulan banyak program baru, dan syukur animo pendengar luar biasa hehehehe… bangga bercampur senang dah pasti aku rasain akupun terus berkarya demi berkembangnya radio ini.
Namun nasib berkata lain, setelah sekian lama aku bekerja, aku mencurahkan segala kemampuanku pada suatu malam. Tidak ada firasat sama sekali tiba-tiba boss sms yang bunyinya seperti ini “JIKA RASA SAYANG KAMU SAMA RADIO SUDAH TIDAK ADA MULAI BESOK KAMU GAK USAH MASUK” itu kata2nya yang aku masih ingat betul sampai sekarang, dalam prinsipku ketika aku bekerja ada teman yang tidak suka ataupun bos tidak puas aku pasti mundur dengan suka rela. Tapi yang ini beda, aku cuma berfikir apa salahku, apa kekuranganku selama ini aku tidak pernah dipanggil untuk masalah pekerjaanku yang gak beres. Semua selama ini baik2 saja, heran aku.. Cuma aku juga gak mau ambil pusing bos sudah berkata seperti itu berarti aku kan sudah tidak di butuhkan, dulu ketika aku mengajukan surat pengunduran diri di tolak, sekarang aku di pecat hanya dengan SMSyang harganya cuma 100 pesak tau mungkin gratis karena dapat bonus, tanpa aku tau salahku apa itu aja yang aku heran. Aku hanya berusaha berfikir positif aja lah, aku punya prinsip yang sangat mendasar dalam menjalani hidup mau tau? “APA YANG DIBERIKAN TUHAN KEPADA KITA ITULAH YANG TERBAIK” hanya kata2 ini yang bisa membuat aku sedikit tenang, jika aku tidak diperlukan lagi oleh radio ini, berarti radio ini bukan yang terbaik bagiku, namun rasa trauma pasti ada bahkan di malang ada beberapa radio yang menawari aku untuk bergabung aku tolak, aku takut kejadian seperti ini terulang ketika semua tenaga, fikiran sudah habis di buang begitu saja.

Ini lah akhir dari perjalananku di malang kota yang begitu banyak menawarkan kesenangan namun juga terbalut dengan kesedihan…

( sebenarnya banyak banget, cuma kalo ditulis 10 halaman juga g muat heheheh) 
Oiya pesen ni ya, jangan hanya menilai orang dari depanya saja sebelum tau benar bagaimana isinya....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar