Senin, 02 Juli 2012

Awal dari perjalananku


Aku mulai bekerja di tahun 2000 yang lalu, ketika aku masih duduk di bangku sekolah tidak terlintas di benaku untuk bekerja ikut orang, yang terfikir setiap hari hanyalah main bola. Bahkan mungkin hanya dengan main bola aku bisa terus bersekolah. Pada suatu hari entah apa yang ada dalam fikiranku ketika aku bermain ke sebuah stasion radio di banyuwangi. Aku hanya bisa membayangkan “mungkin menjadi seorang penyiar adalah hal yang menyenagkan, setiap hari mendengarkan lagu dan kerjanya hanya ngomong, pasti gajinya gede” itu yang ada dalam benakku.

Dari situ aku mulai belajar, ngomong sendiri layaknya seperti penyiar professional, bahkan tak jarang bapakku bilang aku seperti orang gila. Tapi aku gak peduli yang aku inginkan siaran dan siaran, hingga aku lupa akan kegemaranku bermain bola.

Aku mengawali karier sebagai seorang penyiar di radio Habibulloh FM banyuwangi, disana aku banyak dapat ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan karierku, biarpun pada saat itu gaji satu hari hanya Rp.4000,- sementara makan sekal Rp.2000 pas hanya untuk makan 2X saja. Namun jam siar yang sangat sedikit membuat aku berfikir “Aku gak bakalan maju kalau hanya seperti ini”. Akupun memutuskan untuk resaint, aku pun masuk ke radio lain dengan harapan aku akan mendapatkan lebih banyak jam hingga aku bisa menjadi penyiar professional. Semua aku kerjain, dengan senang tanpa beban biarpun waktu itu gaji yang aku dapat hanya Rp. 150.000 per bulan, warung nasi epan studiopun selalu menjadi tempat berhutang makan hehehehehe.. ya hitung2 perjuangan jadi aku syukuri saja apa adanya.

2 tahun aku bertahan di radio VIS FM Banyuwangi, hingga pada suatu hai aku berfikir aku ingin mengembangkan karierku, gak mungkin aku akan berkembang di kota ini. Kalimantanpun menjadi tempat pilihanku. Aku kesena dengan harapan aku ingin memperbaiki perekonomian sekaligus mencari pengalamn bagaimana radio di luar jawa. Hasilnya tidak sia2, aku kenal dengan salahsatu manager Radio didaerah pelaihari kalsel. Aku sering berman kesana, namun orangnya tidak tahu bahwa aku mantan penyiar adio. Hingga pada suatu hari, aku mendengarkan diradio tersebut ada seorang penyiar, sebut saja namanya Ari. Dia penyiar baru, katika siaran anak ini banyak sekali menggunakan kata2 OK. Dan pada suatu hari aku luangkan waktu sekitar 2 jam untuk mendengarkan dia siaran.

Siaranpun mulai, aku ambil kertas dan bolpoint untuk member tanda berapa bnyak Ari dan 1 jam menggunakan kata OK. Keesokan harinya akupun pergi keradio tersebut, aku bertanya pada sang manager Amang Adol namanya” Mang ari dimana?” tanyaku, mang adolpun menjawab “ ada,kenapa git?” aku jawab “ Gak ada mang, aku hanya ingin kenal saja.” Tak lama kemudian ari datang, dan akupun langsung menunjukka hasil catatan kata2 OK yang sudah aku bawa. Aku bilang ” mas ari sebelumnya maaf ya, aku hanya pingin memeri tahu dalam 1 jam siaran mas Ari bilang ok segini banyak” sambil aku tunjukin kertasnya.

Mang adolpun terkejut, kamu kok tau masalah radio git? Tanya amang padaku, aku cima sering mendengarkan radio dijawa mang” jawabku. Keesokan harinya amang adol, dating ke tempat kakakku jualan alat listrik dia Tanya tentang aku dank ok bisa tahu masalah atau tata cara berbicara diradio radio. Kakaku akhirnya menceritakan semua pada mang adol bahwa ku adalah mantan penyiar radio. 2 hari berselang, mang adol mengajakku jalan2 ke Banjarmasi, gak taunya kau di ajak keradi Pusat yaitu NIRWANA FM, aku dikenalin langsung sama Big Bos nya dan betapa kagetnya aku ketika Bis Bos bertanya padaku.” Mas Sigit Kapan Bisa Mulai kerja?” aku bingung kerja apa? Perasaan lamaran jg gak pernah buat. Ternyata amang adol telah banyak cerita dengan bos nya. Akhirnya kau masuk ke NIRWANA GROUP dengan membawahin 1 radio dangdut PELANGI FM Banjarmasin, bagi penggemar KDI mungkin sering membaca nama radio ini.

Di radio ini aku susun semua, program siar, penataan lagu, materi siar dll, karena ini radio baru belum ada penyiar satupun disini. Aku yang mulai semuanya bahkan pemancarnya matiin & menghidupin semua aku yang ngerjain. Syukur alhamdulllah radio itu berkembang dengan pesat. Dan sampai saat ini aku bisa menitipkan namaku di perjalanan Sukses PELANGI FM Banjarmasin.

Ini sebagian perjalanan ku..







Tidak ada komentar:

Posting Komentar